Sunday 27 February 2011

How to fix portable hard drive problem

Pernah mengalami hardisk portable tiba-tiba tidak bisa konek atau terkoneksi tapi data didalamnya tetap tidak bisa diakses oleh OS dengan berbagai pesan kesalahan (usb not recognize bla-bla-bla).... menyebalkan ya

Apakah hardisk portable saya rusak? ........ mungkin
















Kalau udah kayak gini apa yang harus dilakukan?



Yang dapat anda lakukan :

Pertama, lakukan kroscek..... jangan langsung vonis hardisk portablenya bermasalah bisa aja sebaliknya, OS yang dipake bermasalah.  Coba jalankan dikomputer/laptop lain, pada CPU pastikan kabel data (USB) terkoneksi langsung ke mainboard (port USB belakang) jangan lewat front panel (USB depan casing).  Bila tetap bermasalah, lanjutkan langkah kedua.

Kedua, Ganti kabel.. bisa pinjem punya teman

Kabel Data USB













Ketiga, anda sudah sampai langkah ketiga dan hardisk portable masih belum bisa diakses. Berarti masalah berada pada portable hard drive, bisa pada hardisknya atau pada pcb konverternya.  Untuk melakukan pengecekan mesti membuka casing portable tersebut. Disini perlu diperhatikan membuka casing bisa membatalkan garansi (jika masih dalam masa garansi), ini berlaku bagi hardisk portable yang udah dibundle dengan casingnya seperti merk Seagate, Axioo, WDC dll.


Jika data lebih penting, persetan dengan garansi (he..he..) Kita mulai membuka casing, amati tipe casing.. lepaskan semua baut yang mengunci casing... casing build up (axioo, seagate, toshiba dll) biasanya tidak menggunakan baut, untuk tipe ini siapkan obeng minus tipis trus buka perlahan klip ditiap tepi casingnya perlahan.

Hard drive portable Seagate
Hard drive portable Axioo













Dalaman hard drive portable setelah dibuka.

Komponen di dalam hard drive portable Seagate










Komponen di dalam hard drive portable Axioo



















Keempat, Cek status/kondisi hardisk.  Sambungkan hardisk 2,5 inch ke CPU/komputer. Sebelumnya perhatikan dulu tipe hardisknya ATA atau S-ATA. Liat dari bentuk konektornya ^^

Tipe Hardisk S-ATA dan ATA










 Umunya hardisk sekarang udah tipe S-ATA semua, jadi tinggal colok aja konektornya ke CPU (CPUnya support s-ata juga tentunya). Bagi yang tipe hardisknya ATA mesti mesti ditambah konverter IDE 2,5 inch ke 3,5 inch



konverter IDE 2,5 inch to 3,5 inch









konverter terpasang di CPU











Tipe hardisk udah dikenali, sekarang hidupkan komputer.  Cek apakah terbaca dibios.  Bila tidak terbaca kemungkinan hardisk rusak atau cek lagi kabel dan yang lainnya.  Apabila terbaca, coba booting ke OSnya.

Scandisk pada hardisk
Hardisk mengalami badsector 4kb











Hardisk akan mengalami scandisk, ini normal. System berusaha memperbaiki kondisi hardisk (yg disebabkan croslink antar file) agar bisa diakses. Pengalaman penulis selama ini kebanyakan masalah hardisk external akibat crosslink pada partisi yang bersangkutan sehingga data tidak dapat diakses juga masalah badsector pada hard drive (biasa 4kb) tapi itu udah cukup membuat partisi tidak dapat dibaca.
 
Setelah OS diload sempurna, tinggal buka explorer dan hardisk 2,5 inch udah terbaca lagi. Matikan komputer, pasang hardisk ke dalam casingnya. Hard drive portable siap digunakan kembali (case close)  ^^

Kelima,  Kasus diatas dianggap selesai, tapi pada kasus lain ada hard drive portable tetap tak bisa diakses?

=> kabel  > OK
=> hardisk > OK
=> pcb konverter > ?

Kecurigaan diarahkan ke pcb konverter.

solde konektor USB lepas









Pada kasus ini, menurut pemiliknya hardisk pernah jatuh. Kebetulan saat jatuh bagian konektor USB yang terlebih dahulu terbentur ke lantai, sehingga timah solder yang mengunci kaki konektor tersebut terlepas/bergeser. Solusinya cukup resoldering kembali komponen yang terlepas dan hard drive portable bisa digunakan kembali.

Variasi masalah mungkin akan beraneka ragam, gunakan logika untuk memutuskan... salam .:aripware:.





12 comments:

  1. bisa tukar link sob?????????????

    Izin memasang link blog kamu ke blog saya. Boleh?????
    Banjarbaru, masih suku Banjar ya sob????????????

    maaf, banyak pertanyaan.

    ReplyDelete
  2. yup silahkan bro.... ^^

    iya, urang banjar ^^

    Makasih dah berkunjung bro... :D

    ReplyDelete
  3. berarti satu suku kita yah sob

    saya juga suku banjar. heheheheheh

    ReplyDelete
  4. he.he.. satu turunan ternyata

    ReplyDelete
  5. bro saya mau tanya hdd external saya tidak keditek di windows server 2003 kenapa ya ??? padahal saya sudah ganti PS dan tetapi klo colok usb bisa keditek... dan klo HDD saya colok di PC lain bisa bos....
    tolong pencerahan...

    kirim email ke arifbontet@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  6. Coba cek di device managernya bro... kali aja ada driver yg nyangkut, atau tidak terpasang dengan benar.... biasa ada tanda warna kuning di devicenya.

    ReplyDelete
  7. kalo untuk jenis wd my passport 750gb gimana caranya?trims..mohon bantuannya

    ReplyDelete
  8. Liat cara bukanya disini http://www.youtube.com/watch?v=Zbg8EEMwEsM , boardnya HDnya menyatu dengan adapter USBnya.. jd kalau untk recovery gak bisa lsg di slave ke cpu... mesti pake konverter lagi.. pernah buka daleman HD merk A-Data juga sama.

    ReplyDelete
  9. Gan punya ane hardisk thosiba dan colokannya buka ata maupun sata... tapi colokannya kaya dibagi dua gitu.. gimana dong?

    ReplyDelete
  10. Gan punya ane hardisk thosiba dan colokannya buka ata maupun sata... tapi colokannya kaya dibagi dua gitu.. gimana dong?

    ReplyDelete
  11. Mas..kalo port usb pada HDD prtable seagate lepas...gimana tu caranya, kan kalo disolder ulang kecil banget...minta bantuannya please..makasi

    ReplyDelete
  12. Agan ... apakah pcb conector nya ada jualannya di pasaran ya? atau kalau bagian usb connectornya rusak/patah apakah cukup beli/dan ganti connector usb nya aja ya?

    ReplyDelete