Thursday, 6 January 2011

(share) How to fix artifak problem

Minggu lalu penulis panik pas nyalain CPU, dilayar monitor muncul artifak, padahal tadi malam terakhir mematikan(shutdown) CPU normal aja. Jelas yang bertanggung jawab adalah VGA dan masalahnya VGA umurnya gak sampai 3 bulan ^^











screenshot yang  kita omongin ^^

VGAnya rusak? bisa jadi..... kan masih baru? liat aja gambar diatas ...

Ok, saatnya kita kerjain.....



=> Prosedur pertama hardware yang bermasalah adalah 'dibersihkan'. Pake kuas kecil, bersihkan semua debu, perhatikan pada kontak (pin emas) apakah ada karat... semprot contact cleaner (thanks yudi ananta donatur tetap contact cleaner ^^ ) bila perlu.

=> Udah kinclong semua...cpu dihidupkan tanpa casing














=> Proses boot lancar, CPU normal kembali.... balikin semua kedalam casing

Cpu dipake lagi, 30 menitan kemudian sejarah terulang kwkwkkwkw










informasi dari BSOD jelas VGA lagi masalahnya........ apakah VGA bener-bener rusak? karena penulis masih belum yakin VGA sumber masalahnya, casing dibuka kembali dan semua isinya dikeluarkan. Penulis langsung kerja bakti membersihkan semua komponen CPU. Semprot sana-semprot sini dengan contact cleaner.... nah baru nyadar, jalur port PCI-E ternyata tidak dibersihkan waktu cleaner yang pertama... seharusnya dua-duanya dibersihkan, VGA dan port PCI-E dimobo. CPU pun dirakit lagi

Yup!... masalah teratasi, udah hampir satu minggu CPU berjalan mulus tanpa gangguan. Mengapa hal diatas bisa terjadi? Mungkin bisa kita urai satu-satu :

=> CPU dipake untuk kerja, main game, dan download (porsi terbanyak), makan waktu 12-17 jam perhari (perhitungan DU meter)
=> Lamanya waktu pemakain tentu menghasilkan sumber panas yang terus menerus, terutama saat main game suhu naik sampai 20-30 derajat dari suhu normal (pantauan OSD everest)
=> Suhu tinggi adalah musuh semua hardware, faktor penting terhadap pengurangan usia pakai komponen.... dalam kasus ini, kemungkinan panas yang dihasilkan mengakibatkan komponen VGA dan mobo memuai... pemasangan kembali (VGA) ternyata tidak menyelesaikan masalah, mungkin faktor debu yang masuk kedalam casing dan terakumulasi pada port PCI-E merupakan faktor pemicu masalah artifak diatas, ini terlihat ketika dilakukan pembersihan pada area tersebut.. masalah teratasi.
 =>Prose pemuain memungkinkan masuknya partikel debu mengisi ruang antara contact (pin) dari VGA dan Mobo (port PCI-E).. sehingga transfer data antara GPU dan CPU jadi bermasalah dan ditandai dengan munculnya artifak tadi....

hikmah yang dapat diambil? udah jelas.... maintenance secara berkala hardware anda, untuk mencegah hal yg tidak perlu terjadi ^^


Kawan-kawan mungkin pernah punya pengalaman yang bisa ditambahkan/sharing atau mengoreksi point-point diatas.. silahkan post, sangat saya hargai      .:aripware:.

4 comments:

  1. GUDANG303 AGEN BOLA ONLINE MASTER BETTING TERPERCAYA

    AGEN SBOBET
    AGEN BOLA ONLINE
    BOLA ONLINE
    AGEN BOLA
    AGEN JUDI
    BOLA ONLINE
    REGISTER GUDANG 303
    DEPOSIT GUDANG303
    WITHDRAW GUDANG303
    PERATURAN GUDANG 303
    BONUS GUDANG303
    LIVESCORE GUDANG 303
    PREDIKSI GUDANG 303
    LINK ALTERNATIF
    http://bonusgudang303.blogspot.com
    http://167.114.137.238/~g303net/

    Prediksi Bola terbaru

    http://198.50.133.243/prediksi-everton-fc-vs-manchester-united-fc-17-oktober-2015
    http://198.50.133.243/prediksi-new-england-vs-montreal-impact-18-oktober-2015
    http://198.50.133.243/prediksi-ac-milan-vs-juventus-19-oktober-2015
    http://198.50.133.243/prediksi-swansea-city-afc-vs-stoke-city-fc-20-oktober-2015

    ReplyDelete
  2. Nah ini juga bagian dari masalah gw gan, makasih banget ya pencerahannya

    ReplyDelete